Jumat, 13 Februari 2009

Ruam-ruam popok pada bayi

Pertanyaan

Aniezza, 4 bulan dah 2 hari kena ruam popok, pantatnya sampemerah-merah dan bentol,gara" nya saya ganti pospaknya dari mamipoko kesweety,niatnya sih mau menghemat,tapi kejadiannya malah timbulruam..sekarang ruamnya saya beri krim untuk ruam dari cussonsbaby..mohon sarannya,gimana caranya agar ruamnya cepet sembuh..thanks ya.

Pengalaman Ibrahim

Dulu Ibrahim juga pernah beberapa kali kena ruam-ruam merah dipantat. Yang paling parah ketika Ibrahim sekitar berumur 1 thn,merah-merah sampai bentol-bentol di sekitar titit nya. Kasihan banget deh. Tapi semua ruam-ruam bukan akibat popok/lampin murah atau mahal. Saat dibawah 6 bulan, Ibrahim aku pakai-kan lampin merk Hugies dan pernah beberapa kali pakai lampin yang murah tapi biasanya aku pakaikan lampin murah cuman sebentar, saat pagi-pagi Ibrahim belum nge-pub karena tiap pagi Ibrahim teratur nge-pub,setelah selesai baru aku ganti dengan lampin Hugies.Setelah diatas 6 bln aku ganti dengan merk Pampers karena lampin yang lama sering bocor-bocor dan karena dia sudah aktif aku pilih lampin yang lebih tipis. Ruam di pantat Ibrahim sebenarnya akibat dari mencret yang tidak aku sadari dan terlalu lama menempel di pantat. Kadang-kadang Ibrahim mencret sedikit dan kita tidak tahu. Beberapa kejadian bisa sembuh dengan memberi bedak dan mengistirahatkan pemakaian lampin. Tapi satu kejadian yang parah pada saat Ibrahim berumur sekitar setahun. Karena tidak kunjung sembuh dengan pemakaian bedak akhirnya rekomend dari salah seorang teman kami obati dengan salah satu produk dari Sebamed. Terlanjur parah ruam tersebut, pemakaian produk malah memperparah kondisi ruam. Akhirnya aku bawa Ibrahim ke Dr.Spesialis Kulit di RS Bina Husada, Cibinong. Dokternya seorang wanita dan lumayan terkenal, kakak ku yang sempat kena alergi kulit sembuh dengan obat racikannya. Nama Dokternya aku lupa tapi lumayan padat dengan jadwal prakteknya,karena beliau sempat datang terlambat dengan pasien tunggu yang panjang. Ibrahim diberikan obat racikan, salep Termisil Cream dan bedak powder Daktarin. Dokter bilang kalau ruam tersebut adalah sejenis jamur. Alhamdulillah dalam waktu sekitar 3 hari kulit yang mengelupas mulai sembuh dan bentol-bentol nya mulai hilang. Seminggu kemudian ruam-ruam sembuh total. Obat racikan dan salepnya masih tersisa, kita bawa ke Jerman untuk persiapan ruam-ruam di Jerman. Sempat beberapa kali Ibrahim kena ruam disini, akibatnya yah..itulah..mencret atau pub pada saat bobo, jadinya kelamaan deh menempel di pantat. Solusinya yah tetap obat racikannya. Papa Odi sampai mengingatkan,kalau pulang ke Indo jangan lupa minta obat racik lagi.

Beberapa jawaban yang bisa menjadi bahan masukan dari teman di millist 'Bayi Kita'
Anakku juga begitu, kalo pake diaper terus langsung deh ruam-nya timbul, pernah sampe timbul bintik2 merah. Aku coba pake Desitin (krim untuk ruam popok), krimnya agak kental & alhamdulillah ruamnya biasanya cepat sembuh dalam waktu kira2 semalem. Sayangnya aku belum nemu krim ini disini, waktu itu titip sama teman yang sedang pergi ke Singapore. Kalau gak, diaper rash cream-nya Sebamed bagus juga kok, RS tempat anakku lahir juga pake itu.


Anak saya juga begitu sampai kulitnya terkelupas, kasiaaaan bangetudah ke DSA sampe cara traditional tapi gak sembuh2terus ada yang kasih tau pakai DAKTARIN salep yg untuk ruam popokada gambar bayi harganya Rp. 30 ribuan belinya di toko obat atauapotik, cepet sembuhya gak sampe 1 minggu sudah mulus lagi,semoga membantu yaa..



Masalah ruam popok emang sering terjadi sama ank@ ya, terutama baby yg kulitnya msh sensitif krn sgt lembut. Ini jg pernah terjadi sama ank pertama ku, yg aku lakukan adalah..1. menganti diapersnya tiap 3jam sekali or sebisa mgkn kl dirmh byk2 pake popok kain / celana aja.2. setiap kali ganti diapers, tak ksh cream dari SEBA MED. stl di ksh cream, jgn lsng di tutup, tp biarkan bbrp menit terkena udara jd creamnya agk mengering dan melekat di pantat si kcl.3. jgn lupa dibersihkan daerah kemaluan dan pantat dgn cutton ball yg dibasahkan dgn air hgt, biar si kcl tdkkaget dgn air dgn.4. hindari pemakaian bEDAK DI DAERAH SENSITIFNYA, KRN SIFAT BEDAK MENGIKAT KERINGAT di daerah yg tdk terkena udara (kepengep)


Keisyaku juga baru beberapa bulan yg lalu kena ruam popok, sampe merah banget, melenting"". Gara"" mo menghemat juga ceritanya, biasa pake mami poko aku ganti pake pet pet. Dach dikasih bepanthen, tenderlove, gak mempan juga. Akhirnya disarankan ma temen pake daktarin diaper. Alhamdulillah 2 hari langsung hilang tanpa bekas. Aku waktu itu belinya di century..


Kalo ruam popok gitu, bisa coba pake bepanthene ato krim dari sebamed.


Wah Owen dl juga sempet gitu, waktu itu saya pakein salep Bephanten. Manjur dan gak terlalu mahal. Salep ini jg bisa buat lecet puting buat ibu - ibu menyusui.


kl babyku pernah ngalamin ruam popok juga. ciri2nya persis yang ibu bilang, di daerah pantatnya merah dan bentol2. aku kasih baby cream switzal. maaf sebutin merk, biar memudahkan aja nyarinya.gak ada niatan promosi. trs juga sambil diistirahatkan dulu pake diapers atau popok2 plastik. cm pakai celana aja. ngejaga biar gak ngompol di mana aja, setiap satu jam atau dua jam aku ajak dia pipis di toilet. alhamdulillah 3-4 hari udah kering dan gak berbekas. malah sekarang anakku 10 bulan tanggal 14 februari nanti, karena gara2 ruam popok jadi kebiasaan pipis di toilet, jadinya sedikit2 mulai dilepas pakai diapers ataupun popok plastiknya dan gak pernah ruam lagi.


kl anak-ku jg ga bolh d kasih bedak, DSA-nya sarankan beli ezerra cream dioleskan pd kulit yg ruam. alhamdulillah cepat membaik, semoga membantu.

Anakku dulu pake salep Myco Z, alhamdulillah sembuh..Smg membantu


waktu anakku jg pernah kena ruam popok, kalo aq sih pake salep cinolon N bisa dibeli diapotik kalo ga salah sih harganya sekitar 20 ribuan....pas anakku sih kebetulan cocok pas dipake beberapa hari kemudian ruamnya ilang...


Setuju tuh dengan mamanya Nadda, anakku dulu juga sering kena ruam popok karena nggak cocok dengan merk diapers tertentu, nah setelah pakai Myco Z alhamdulillah sembuh dalam 2 hari, tapi sabunnya juga diganti bu dengan Lactasyd Acid baby dan bedaknya digannti Boor talc, insya allah sembuh deh

1 komentar:

Sari mengatakan...

Hello Odi, Fitria, Ibrahim....

Salam dari kecapi... Dhisa & Dhimas. Ibrahim tambah besar dan sehat ya!