Senin, 16 Februari 2009

Bawal Bakar Sambal Mangga



Dari pacaran sampai merid (tapi Ibrahim belum lahir yah..) kita doyan makan diluar. Salah satunya ikan bakar didaerah permata hijau. Sampai sekarang aku dan mas Odi setali tiga uang, gak hapal nama tempat makan nya heheheh, cuman tahu daerahnya aja. Tempatnya pinggir jalan dan wuahhh...udara nya panas, selain panas karena tempat bakaran ikannya plus ditambah panas nya udara di Jakarta. Gak heran kalau kita makan disana sambil bercucuran keringat karena kepanasan dan kepedas-an.Kalau hari Sabtu ramainya bukan maen, apalagi malam Minggu.


Ter-inspirasi oleh ikan bawal bakar plus sambal mangga permata hijau, akhinya kita coba buat. Ikan Bawal kita bakar di oven, tapi kurang seruuuu, akhirnya kita coba bakar diatas kompor. Walhasil, biarpun kata mas Odi muanteppp tapi kompor kotor sekali. Cape dehhh bersihin nya. Bisa di coba niy..dirumah.




Ikan Bawal Bakar
Bumbu oles Ikan
Kecap 3 sdm,2 bh bawang putih dihaluskan dan 1/2 sdt merica dicampurkan. Dioles pada ikan dan dibakar bolak balik sambil dioles kembali.

Sambal Mangga
Buah mangga muda dipotong kecil-kecil.
4 lbr daun jeruk.

Haluskan:
3 bh bawang merah
2 bh bawang putih
15 cabai rawit (sesuai selera, semakin banyak semakin pedas)
5 bh cabai merah
1 sdt terasi
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara Membuat
Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daun jeruk dan masak, masukan mangga aduk jangan terlalu lama, lalu angkat. Sajikan dengan kecap dan Ikan Bawal.

Tips
Semakin banyak mangga yang dipakai, maka pemakaian cabai harus semakin banyak, Karena sambal tidak akan terasa pedas jika terlalu banyak mangga.
Ikan dapat di goreng atau diganti dengan ikan yang lain.

Selamat Mencoba....

Tidak ada komentar: