Kamis, 19 Februari 2009

20 bulan Ibrahim


20 bulan Ibrahim banyak yang istimewa diperkembangannya. Selain sudah bisa jadi montir dan pemerhati macam mobil seperti truk,bus sampai mobil yang berlambang bulat empat atau Audi, sekarang Ibrahim sudah mulai banyak menirukan kata-kata yang didengarnya. Sebenarnya aku kurang tahu apakah itu lambat (siapa tahu normalnya <20 bln)atau memang wajar saja.

Kata-kata lain yang dia ikuti adalah 'lampu' saat aku sering bilang...kita matiin lampu yah... atau kata-kata lainnya seperti..oma,opa,kakak,nenek,teve,..sar(besar),..cil(kecil),minum...lainnya yang masih banyak. Sempat khawatir saat dia masih saja cuman bilang mama dan papa, tapi mamaku di sentul selalu meredam kekhawatiran itu.


Sempat kedatangan tamu yang membawa anak sekitar 3.5 thn. Diumur nya tersebut, anak itu masih bicara sepatah-patah dan kadang hampir tidak dimengerti. Terus terang aku jadi ingat seorang anak teman di Indonesia dan kita sempat datang ke acara ultah nya yang ke 3 thn saat masih di Indonesia. Di umur yang ke 3 thn anak itu sudah bicara lancar dan normal seperti orang dewasa, dia sangat lincah,sehat dan gemuk. Sempat jadi bahan pemikiran aku dan mas Odi, apa yang salah dari 2 anak tersebut. Apakah perbedaan gizi,bakat atau memang pembenaran dalam kata-kata bahwa 'setiap anak berbeda dalam daya kembangnya'..entah lah.. yang pasti kita jadi lebih fokus dari perkembangan Ibrahim. Beberapa permainan stimulasi harus diarahkan kepada nya. Tapi bukan bertujuan untuk mencetak anak Genius, hanya menstimulasinya dan semuanya harus dalam bermain,bermain dan bermain,itulah yang paling penting untuk anak seusia nya.


Bicara soal parameter pertumbuhan, aku sering fokus juga sama penambahan berat dan tinggi Ibrahim. Salah satu chart yang aku pakai adalah


http://www.geocities.com/klinikikm/gizi-masyarakat/pengukuran-gizi.htm

Alhamdulillah ,bila dilihat dari chart di website tsb, Ibrahim masih dalam batas normal untuk tinggi dan berat badannya.

Tidak ada komentar: