Minggu, 01 Februari 2009

SingKOnG gOReng SiAbaNg


Kenapa disebut singkong goreng abang-abang soalnya dari dulu kepengen banget tuh bikin singkong goreng kayak abang-abang yang jual,tapi berhubung di indonesia banyak yang jual hehehe mending beli aja kali yah...hm di Jerman kangen juga kepengen ngemil singkong goreng, resepnya sih udah tau lama malah sempet tanya langsung sama abang penjualnya. Tapi cari-cari singkong kok gak ada yah di jerman,di Asia Market juga gak ada.Akhirnya tanya lah pada mba Cori yang udah 11 thn merantau di jerman..dasar dodol..dodol...yah jelas ada..cuman memang agak beda sama singkong Indo,disini lebih bersih dan terawat.Padahal tiap ke asia market juga aku liat ..hah aku pikir ubi jepang atau lainnya deh....


Singkong Goreng Abang-Abang


Singkong di kupas dan dipotong-potong sesuai selera,lalu goreng di minyak panas sampai setengah matang. Goreng sampai sedikit kuning saja jangan sampai kecoklatan,karena kelamaan digoreng singkong akan terlalu lembek jadinya.


Seduh dengan air panas


ketumbar,sedikit aja kalau terlalu banyak singkong menjadi sedikit bau.


2 bh bawang putih,di geprek atau bisa 1 sdt bwg putih powder.


Garam, disesuaikan dengan kebutuhan, jika singkong goreng akan dimakan dengan toping maka pemakaian garam tidak usah berlebihan tapi jika akan dimakan tanpa toping sebaiknya pemakian garam agak banyak agar singkong terasa asin tidak hambar.


Setelah diseduh tambahkan air lagi secukupnya hingga terasa hangat lalu rendam singkong yang telah digoreng setengah matang sekitar 15-20 menit sampai bumbu meresap dan singkong merekah.


Goreng kembali singkong sampai kuning kecoklatan.


toping


Kalau aku kebetulan punya toping yang sudah jadi seperti taburan untuk kentang goreng,tapi enak juga ditaburin keju permesan atau di colek dengan mayonaise yang telah campur sedikit susu kental manis. hmmm selamat mencoba....


Tidak ada komentar: