Sabtu, 14 Maret 2009

Kaki Bengkak Saat Hamil

Saya hamil jalan 7,5 bulan.. hamil anak pertama, saya heran kok pas masuk 7 bulan kaki saya bengkak dan rasanya pegal sekali sampai-sampai saya harus beli sendal gunung yang hanya muat untuk kaki saya karena bagian tempurungnya bengkak. Moms ada yang tahu gimana cara menghilangkan bengkak ini?

Pengalaman Mommy Ibrahim

Kaki bengkak ??? yah ngalamin juga siy, tapi herannya aku kok gak kaget yah..!!! mungkin ada beberapa temen kantor yang sudah pengalaman dengan kehamilan sering bercerita tentang kaki bengkak pada wanita hamil, dan itu sudah biasa. Padahal setelah saya baca sharing dari teman-teman millist, itu adalah hal yang harus diwaspadai karena bisa kemungkinan adalah akibat tensi darah yang tidak wajar naiknya...wah..untung saya tidak punya masalah dengan darah tinggi yah...

Dear Mbak Dyan,
Coba minum air rebusan kacang hijau yang belum pecah kulitnya, setiap hari 1 gelas... dulu saya gitu kok, kalau nggak minum itu, langsung kaki saya bengkak gede... dan jangan lupa jalan2..dan kurangi makanan yang mengandung garam

Waktu saya hamil juga agak bengkak, dan dokter kandungan minta supaya saya mengurangi makanan yang mengandung garam Selain itu katanya juga jangan terlalu banyak berdiri, dan kalo duduk kaki diselonjorin denagn di sanggah oleh benda dikaki kaki kita..misalnya kursi kecil or meja kecil..

Kaki saya mulai bengkak dari hamil 5 bulan dan terus sampai melahirkan.
Kata dokter sih karena beban yg terlalu berat, s/d 9 bln berat saya 89 kg (naik 28 kg)Sebenarnya sampai saat itu ga ada masalah,cuma aga susah bergerak dan capek.
Asal Tekanan darah normal dan ga tinggi aja.
O ya, dokter saya jg nggak nyaranin saya untuk banyak berjalan,karena sehabis jalan dan capek, kaki saya jadi lebih bengkak.
Jadi jalan dan duduk/istirahat harus seimbang

O gt ya Mak'e Bejjo. Bener kali, kacang hijau bikin gak bengkak & sehat...
Saya skg hamil anak ke-2, 7bln juga. Gak ada bengkak2nya samasekali, padahal waktu hamil anak pertama dari 5bln sudah sering bengkak sampai2 kalau tidur kakiku tak rambatke neng tembok.
Sekarang saya memang lengganan susu kacang hijau 3x seminggu (Senin, Rabu, Jumat) dari mulai hamil, mungkin karena rajin minum kacang hijau kali ya jadi gak bengkak.
Selain itu, kata DSOG ku dulu, 65% ibu hamil memang bengkak kok karena adanya penambahan banyak cairan dalam tubuhnya (baca : darah) dan berkurangnya kadar albumin (CMIIW). Solusinya dulu saya suruh ngurangi garam & banyak makan putih telur dan kalau duduk usahakan lutut sejajar dengan paha, kalau duduk kursi ya cari pancikan biar telapak kaki tidak nggantung. Tapi, selama bengkaknya tidak disertai tekanan darah tinggi tidak bahaya kok, masih kata DSOG saya dulu. Jadi don't worry, banyak saran disini.

Wkt saya hamil dulu, saya jg pernah bengkak kakinya. Oleh nenek saya dikasih asam hitam & kapur sirih. Asam hitam & kapur sirihnya diaduk dengan air secukupnya lalu dibalurkan ke kaki yg bengkak tsb diamkan selama min. 15mnt atau sampai mengering. Wkt kehamilan 4/5bulan cara ini memang berhasil membuat kaki saya kempes kembali, tetapi wkt memasuki kehamilan 9bln kaki saya bengkak kembali dan cara tesersebut sudah tidak mempan. Ternyata kaki saya bengkak krn saya mengalami pre-eklampsia (bahasa awamnya keracunan kehamilan, bingung kan ?? Sama, saya jg), dimana tekanan darah saya tinggi terus. Dan kehamilan disudahi wkt usia kandungan 38mgg. Supaya tidak bengkak coba duduknya kaki disejajarkan jgn menggantung, kalau sering berdiri luangkan waktu untuk duduk

Wah mba , sama banget tuh sama aku , aku sedang hamil 7 bulan juga dan kaki udah kaya bantal, Tadi malem baru aja konsul ma dokter karena tensiku normal jadi dokternya bilang ga papa karena kebanyakan jalan dan berdiri aja. Kalau duduk atau tidur kakinya diangkat aja atau diganjel, Aku dikasih obat Seloxy namanya dan juga suruh makan putih telur rebus setiap hari min 1 biji , jangan kuningnya katanya, kuningnya buat bapaknya aja

saya mau menceritakan tapi bukan untuk menakut - nakuti mba dyan karena ini terjadi pada diri saya di bulan Oktober 2008 yang lalu.
Saya 2 kali hamil, dengan kondisi selalu kaki bengkak, dan itu terjadi di bulan ke 7, dan kata orang itu wajar kalo sudah mendekati trimester yang III, ternyata itu bukan hal yang biasa, saya terkena hipertensi dan mengalami yang namanya preeklamsi.
1. pada kehamilan 1 saya hrs melahirkan dengan cara cecio ( cesar) dimana tekanan darah mencapai 170/90, tp ini bisa terdeteksi dan saat itu dokter langsung melakukan tindakan operasi. saran saya cek tekanan darah mb dyan seakurat mungkin.
2. Terus terang saya kecewa dengan rumah sakit tempat dimana saya cek kandungan untuk kehamilan kedua, ( dokter pada saat hamil 1 dan 2 tidak sama dan juga dirumah sakit yang berbeda, krn saya mau melahirkan secara normal utk yang kedua ini, dan kebetulan dokter ini optimis saya bisa melahirkan secara normal, krn semuanya dari awal sangat bagus) ; karena tidak terdeteksi kalo saya di minggu 35 - 36, terakhir tekanan darah terlihat normal-normal saja ,malah tekanan darah cenderung rendah 110/90 , itu saya periksa pada tanggal 25 oktober 2008, hari sabtu.
Saya mulai cuti kerja senin, tanggal 27 oktober 2008, saya pulang dari menjemput anak dari sekolah yang tidak jauh dari rumah, jam 10. mungkin saya merasa lelah, jadi saya langsung tidur. Bangun jam 2 siang, saya merasa pusing 7 keliling dan terasa mual , dan muntah untuk pertama kali. setelah keluar dari kamar mandi saya kembali tidur krn memang pusing yang tidak bisa diceritakan. saya bangun pas azan ashar, dan muntah untuk yang kedua kali, dan itu terus2 an tanpa henti, dan yang saya heran penglihatan saya kabur dimana jarak pandang paling hanya 2 meter krn saya masih lihat pembantu saya menelepon suami saya dikantor.
Selanjutnya yang saya ingat suami saya datang dan bilang mau sholat maghrib dulu, jadi itu kira2 jam 6 sore, dan dia bilang apa saya masih kuat, krn mungkin sudah wktnya saya. menurut suami saya juga, kejadian begitu cepat, saya keluar dari kamar mandi dan muntah untuk kesekian kalinya, saya bilang sama suami, saya tidak bisa melihat apa2 semuanya gelap, dan saya ambruk dan segara dilarikan ke rumah sakit terdekat.
Yang terjadi saya mengalami stroke ringan karena tekanan darah mencapai 260, dan itu eklamsi dan segera harus di operasi, dalam kondisi sadar dan tidak sadar saya melahirkan. ( saya melahirkan di rumah sakit yang berbeda bukan ditempat saya periksa)saya koma dan di ruang ICU selama lima hari. semua keluarga sudah berkumpul di rumah sakit, menunggu kabar yang mungkin saja saya tidak tertolong ( kemungkinan terburuk, krn pre eklamsi bila tidak ditangani segera bisa mengakibatkan kematian)
Alhamdulillah, saya sadar di hari ke lima, dan posisi tekanan darah masih tinggi 150/90.jadi lebih baik mb sekarang punya alat tekanan darah yang digital, terus terang dengan yang manual terkadang tidak bisa terdeteksi krn bisa saja human error. Makan juga dijaga. Kurangi aktivitas yang memicu stress.
kalo bisa konsultasikan lebih intensif dgn dokter kandungan agar tidak terjadi spt saya, walaupun saya yakin semua sudah ada yang mangatur , Allah SWT., tp mencegah lebih baik dari pada mengobati.
mohon maaf apabila kepanjangan.

Waktu aku hamil, sama kaya kamu pas masuk 7,5 bulan kakiku bengkak, sampe betis2nya... kaki gajah deh, sepatu kerja masuk lemari semua gak cukup...Cek ke dokter..kadar protein, tekanan darah semua normal, berarti bengkak karena cairan tubuh..ya udah cuek aja bertahan dengan kaki bengkak sampai lahiran...Seminggu setelah melahirkan kaki kempes dengan sendirinya.. .2 minggu abis lahiran, kaki normal..sepatu2 kerja masuk lagi tuh.

Dulu saya juga begitu waktu hamil anak saya ratu, pas menginjak kandungan usia 7bln keatas kaki uda pada bengkak2 semuanya...! !
Lalu saya baca buku panduan pengobatan tradisional, disana tertulis kl pd bengkak2 swaktu hamil minum saja rebusan air toge.. Alhamdullillah tidak berangsur lama semua yang pada bengkak kempes..
Semuga saran saya dapat membantu mba ya dyan..

1 komentar:

diyank mengatakan...

makasih artikelnya
sangat berguna !