Sabtu, 14 Maret 2009

Coffe untuk Wanita Hamil


Kopi boleh gak siy selama hamil ?

Pengalaman Mommy Ibrahim

Kebetulan pas hamil Ibrahim saya masih ngantor di Audi-Volkswagen Indonesia MT Haryono Jakarta. Ngopie adalah ritual harian , biasanya secangkir pada saat pagi hari dan sore sekitar jam 3 saat ngantuk berat di kantor dan kepengen pulang hehehe..
Tapi aku siy gak kecanduan, kopi buat aku sebagai penyegar mulut di pagi hari dan penahan ngantuk di sore hari.
Saat hamil Ibrahim aku kurangi minum kopi, paling cuman sore kalau kepengen aja, soalnya memang jadwal pagi dipakai minum susu ibu hamil. Pernah dengar tapi blom pernah baca posting nya kalau kopi tidak boleh buat wanita hamil (koreksi kalau aku salah), secara aku sendiri tidak candu, mungkin sekali-kali tidak masalah.
Ada cerita lucu dari mama ku, kalau mama ku hampir tiap hari minum kopi saat hamil ke 3 anak nya. Kopi yang diminum pun adalah kopi tubruk yang hitam. Alasan mama ku adalah kopi bisa membuat lebih segar,katanya kalau tidak minum kopi sehari saja badannya lemas sekali. Lucu juga yah cerita mamaku dan kita bertiga juga sofar sehat-sehat saja, tapi ini cuman sekedar sharing aja, jangan sampai ikuti jejak mama ku karena kekuatan setiap ibu hamil berbeda-beda.
Ada sharing beberapa teman di millist Bayi Kita mungkin bisa jadi bahan input teman-teman yang sedang hamil dan ingin tetap meniklati secangkir kopi.


Kopi...saya selama hamil minum tiap hari...cm ya tidak seperti sblm hamil..agak dikurangi..Biasa kopi hitam 2 gelas besar..pas hamil minum ice latte..dan bagi 2 dgn suami..Tidak terjadi apa2 se..sehat dan baby saya normal lincah smart..montok. .
Cm ya selagi hamil pas mau konsul ke dokter kan cek tekanan darah..seharian saya ga minum kopi..krn kl abis minum kopi, di cek tekanan darahnya naik(bisa ditegor)..padahal biasa normal..jadi sy tau kopi itu menaikkan tekanan darah..
Cm tetap aja sy minum(abis doyan bgt).
tp sblmnya sy memang tanya dgn dkter kandungan..apakah boleh mengkonsumsi kopi dan boleh asal jgn berlebihan.. krn kita butuh kalsium yang cukup banyak..
Dan kmrn itu ada sodara,Dia tanya saya km selama hamil minum kopi?
Lha sy bingung knp ditanya..ya sy jwb iya..
Oh pantes soalnya anaknya anteng sehat dan jarang sakit(lha emang efek ya?)Hehehee
Itu aja d pengalaman pribadi..


mom, yang aku baca, kopi boleh kok asal dibawah 4 cup sehari..
memang ada efeknya tapi bukan ke baby, seperti untuk orang yang punya mag, maka kopi bisa merangsang naiknya asam lambung... n kalo diminum setelah makan mengurangi penyerapan zat besi..tapi kalo kuatir sih memang lebih baik jangan..

Mbak,apapun itu,mnrt sy ketahanan tubuh setiap ibu beda2,begitu jg bayi yg dikandung,sebaiknya n semampunya,kita menghindari yg ga baik buat bayi kita,hamil jg cuman 9bln mbak,ga lama ko,..Semampu n seusaha kita menjauhi yg kt2 org jelek buat bayi di kandungan..tp klo bener2 ngidam ya diserup2 dikit bole lah..

Setau saya karena kedua jenis minuman ini (kopi dan teh) mengikat Ferritin (zat besi) dari makanan yg kita makan. Sehingga bisa menyebabkan si ibu nilai Fe nya berkurang (kalau terlalu sering minum kopi). Dan bisa berdampak tidak baik ke bayi.
Jadi sebaiknya,.. .kalau memang lagi tidak pingin banget minumnya, ya gak usah diminum mba. Mencegah hal diatas. Ya kalau emang udah keseringan minum teh atau kopi selama sebelum hamil, diusahakan maksimal 1 kali 1 minggu konsumsinya.

Boleh asal tidak lebih dari 2 cangkir kecil 1 hari & usahakan bukan kopi hitam murni. Boleh asal si ibu tidak mempunyai sakit maag. Begitu usia kehamilan bertambah, sang bayi pun bertambah besar dalam perut & pertumbuhannya ini menekan ulu hati. Mknya ibu hamil sering merasa mual. Nah, bagi yg maag & kehamilan sudah besar; sebisa mungkin jangan minum kopi krn dapat memicu asam lambung - jd bs lebih mual lagi.

Minum kopi sebenernya siy boleh2 aja mbak. Tp mungkin jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering mbak. Karena kopi dan teh mengandung kafein yang membuat darah kita mengalir ke otak (mknya kalo mimi kopi jd ngga ngantuk kan mbak.. Hehehe). Nah kalo kita mengkonsumsi kafein terlalu banyak, kesian dunk baby nya karna supply darah nya jd terganggu

Tidak ada komentar: