Jumat, 06 November 2009

Roti isi Daging dan Keju


Hari minggu biasanya saya selalu sempatkan untuk berkreasi di dapur untuk membuat cemilan-cemilan, karena pastinya hari minggu saya punya pengasuh Ibrahim di rumah :D. Hari ini bingung juga mau buat kue apa, mau buat pizza gak ada mozarella di kulkas, akhirnya kepikiran kepengen buat roti isi daging, kangen juga makan roti isi daging ala indonesia.

Kebetulan di kulkas ada sedikit sisa daging giling, tapi lumayan lah..kalau pun kurang bisa diisi dengan keju , alat2 bahan roti selalu siap sedia, telur,tepung dan ragi, wah…ini nih ternyata kita kehabisan ragi dan lupa beli hari sabtu kemaren, maklum di Jerman pada hari minggu semua toko tutup, itu lah enak nya tinggal di Indonesia, pertokoan,mall dan pusat jajanan buka full seminggu, tapi akhirnya ingat juga niy, masih ada sedikit ragi sisa membuat pizza hari minggu kemarin, setelah di cek Alhamdulillah ternyata memang ada sisa setengah bungkus kecil saya taruh di laci dapur, lumyan bisa dipakai untuk tepung 250 gram, akhirnya bisa dimulai deh bikin roti nya.

Hm…..belum jadi saja wangi dari oven bakaran sudah tercium keseluruh ruangan. Ibrahim dan mas Odi sudah gak tahan tunggu roti keluar dari oven. Setelah masak, rasa nya jangan ditanya, mas Odi langsung habis 2 roti daging dan keju sedangkan Ibrahim asik maem sebuah roti keju.

Baru nyadar niy, ternyata tinggal jauh di negeri orang dengan segala keterbatasan cemilan membuat kita jadi kreatif, membuat roti isi tidak terlalu susah seperti di bayangkan kita, malah cemilan homemade lebih sehat dan terjamin kebersihannya, tanpa bahan pengawet atau bahan kimia lain yang kita tidak ketahui campurannya pada makanan tsb, seperti gula buatan atau pewarna.
Mau coba ?? gampang banget kok, hasilnya juga lebih enak dengan mentega dan susu yang mendominasi cita rasa roti..hmm…

Buat rotinya yuk !!!

- 250 gr tepung terigu ( kata ahli roti pakai terigu tinggi protein, kalau saya sih seadanya yang tersedia dirumah :D)
- 2 bh kuning telur kocok lepas
- 12 g ragi instan
- ½ sdt garam
- 4 sdm gula pasir ( lebih oke pakai gula bubuk )
- 40 gr mentega pada suhu ruangan (jgn mentega dingin dikulkas, lebih baik cairkan dahulu pd suhu ruangan)
- 125 gr susu cair

Buat nya :

Campurkan tepung terigu,ragi instan,garam,gula pasir aduk rata. Buat lingkaran ditengah tepung, masukan telur dan mentega aduk lalu masukan sedikit demi sedikit susu cair hingga adonan kalis. Uleni adonan hingga lembut struktur kekenyalannya, kurang lebih 1 jam. Simpan adonan dengan ditutupi plastik atau kain bersih dan simpan pada suhu hangat sekitar 1 jam lamanya. Setelah adonan mengembang kempiskan dengan satu tonjokan dan uleni kembali sebentar.

Buat isi nya !!

- keju batang, iris kotak memanjang
- 1 ons daging cincang
- ½ bawang bombay, iris tipis memanjang
- 1 sdm mentega
- merica
- garam
- pala bubuk
- 1 sdm kecap manis

Cara membuat nya :

Tumis bawang bombay dengan mentega hingga harum, masukan daging cincang dan aduk hingga rata. Masukan garam,merica,pala bubuk dan kecap manis, masak hingga matang. Dinginkan adonan isi untuk dimasukan dalam roti

Buat Roti Isi nya yuk !!

Bentuk adonan roti menjadi bulatan secukup nya. Masukan adonan isi dan tutup kembali. Adonan daging bisa dalam bentuk bulat dan keju bisa dalam bentuk memanjang. Biarkan kembali selama 1 jam sampai mengembang. Olesi atas roti dengan susu kental manis yang dicairkan sedikit (bisa juga dengan kuning telur). Panggang di suhu panas hingga 200 derajat selama 15 menit.
Hm…harumnya udah ditunggu-tunggu, buat cepat-cepat di santap…

Tidak ada komentar: