Senin, 26 Januari 2009

Soto Ayam Habis Tuntas

Malem minggu bikin soto ayam,maksudnya jatah sampai makan siang hari senin,ternyata malam itu juga habis tuntas cuman sisa tulang ayam dan daun jeruk nya hihihhihi, mau coba....


Resep Sotonya gampang banget

Ayam direbus sampai empuk tambah kan garam sedikit ,sisakan kuahnya untuk kaldu di kuah soto.Setelah matang ayam digoreng dan dipotong-potong atau disuwir-suwir.
(kalau ayamnya gak digoreng juga gak apa-apa, tapi ment aku siy agak bau anyir jadi aku suka yang digoreng)

Bumbu halus :
bawang bombay,bawang putih,kunyit,jahe,kemiri,ketumbar,merica,garam,gula pasir(mba kalau gak ada rempah bisa pake bumbu powder yang mba beli di indo)

Kuah soto :
Tumis bumbu halus sebentar masukan ke air kaldu yang panas dan didihkan, masukan potongan tomat,salam,sereh,daun jeruk,bawang daun,seledri dan sedikit santan.

kalau suka yang kental santannya gak apa-apa tapi aku suka yang cair biar ada rasa gurihnya aja. aku juga tambahim kaldu blok maggi

Penyajian:
Kuah soto disajikan dengan

potongan daging ayam

tauge yang sudah diseduh air panas atau di rebus sebentar(biasanya aku rebus tauge nya gak sampai mateng biar ada kriuk-kriuk nya )

Soun yang sudah seduh/direbus (kalau soun enakan di seduh/direbus mateng)

Potongan kentang yang diiris tipis dan digoreng kering(aku gak pake soalnya ribet,tapi lebih enak pake ini)

Potongan telor rebus (aku gak pake,soalnya gak begitu suka)

Sambel

air jeruk nipis potongan

Kecap sedikit

Kerupuk udang / emping

Sambal :
rawit hijau,rawit merah,3 siung bawang putih di rebus lalu diulek dan disiram air kaldu ayam

hmmmm...Mantap....selamat mencoba

Tidak ada komentar: